Kiat-Kiat bagaimana membuat halaman web menjadi lebih menarik dan meningkatkan rating kunjungan

Sebuah web yang baik sebaiknya bersifat dinamis, dimana para pembaca tidak merasa informasi yang ditampilkan hanya satu arah saja, sebaliknya administrator web dapat memasukkan fungsi-fungsi yang membuat web tidak membosankan, seperti memasukkan fungsi untuk mengisi buku tamu, atau dapat saja para pembaca mengganti tampilan web yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan, contohnya mengganti theme. Ada beberapa kiat-kiat lagi yang dapat membuat halaman web menjadi lebih menarik dan meningkatkan rating dari web yang kita buat, yaitu :

1. Membuat proses loading web lebih cepat

Terkadang website yang memiliki content yang menarik, ataupun memiliki desain yang indah, kurang mendapat perhatian dari penjelajah internet, itu bisa terjadi bila web tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk loadingnya, terutama masalah loading image, dan hal ini akan membuat para pengunjung situs menjadi bosan. Para pengunjung situs menginginkan dapat memperoleh informasi yang tersaji dengan cepat. Bayangkan saja betapa bosannya seorang pengunjung web manakala harus menunggu relatif lama untuk dapat mendownload keseluruhan sebuah halaman web. Ia bisa saja mengklik tombol Stop untuk mematikan proses download halaman kemudian mematikan fasilitas auto load image dari browsernya atau malah pindah ke halaman lain yang lebih cepat.          

Sepertinya hal tersebut sepele, namun bila tidak diantisipasi maka jerih payah Anda membangun suatu situs yang menarik dan indah akan menjadi usaha yang sia-sia. Karena kendala kecepatan akses inilah maka penerapan teknik desain cetak tradisional termasuk teknik interaktif multimedia pada situs Anda harus dipikirkan dengan matang. Oleh karenanya dalam membuat suatu situs perlu diperhatikan pembuatan desain web maupun grafis yang indah tapi dari segi ukuran file-filenya cukup kecil. Hal tersebut perlu dipikirkan untuk mengantisipasi para pengunjung situs yang koneksi internetnya tidak terlalu cepat.

2. Format file image yang efektif

Salah satu masalah yang berkaitan adalah masalah file image. Dalam dunia web kita bisa melihat proses loading berbagai format file image. Dan diantara format-format yang ada, yang sering digunakan adalah format JPEG dan GIF. Berkaitan dengan masalah ukuran file dan proses loading maka penggunaan format image yang tepat merupakan syarat utama :

1. Gunakan format GIF bila :

  •  Gambar Anda banyak berisi area kosong besar dan warnanya datar
  •  Ingin meyakinkan bahwa grafik dapat diterima oleh semua browser dan platform
  •  Anda ingin membuat area di grafik menjadi transparan.

2.   Gunakan format JPEG bila :

  •  Grafik Anda memiliki tonal yang bervariasi
  •  Grafik Anda adalah fotografi penuh warna 

3. Buat beberapa versi dari situs Anda

Saat ini teknologi web berkembang dengan pesat, di satu sisi hal itu memacu para desainer web/web author untuk membuat halaman-halaman web yang semakin indah dan canggih. Namun di sisi lain, hal itu juga berarti kebutuhan kecepatan akses yang semakin tinggi. Oleh karena itu bila Anda mendesain/membuat sebuah situs web dan jika server situs Anda masih memiliki sisa ruang yang cukup besar maka bisa dibuat beberapa versi situs. Misalnya situs versi A untuk pengunjung yang memiliki koneksi internet yang relatif cepat bisa dilihat di bagian selanjutnya dan situs versi B untuk pengunjung yang memiliki koneksi internet yang relatif lambat.

Contoh :

  • Beberapa situs menyediakan versi HTML standar dan versi Shocked-nya yang membutuhkan plug-in tambahan dan tentunya kecepatan akses yang lebih cepat. Contoh situsnya adalah : www.fightthefuture.com
  •  Ada juga yang menyediakan versi text only dan text and images

4. Gunakan teknologi web yang semakin canggih

Ada beberapa situs yang dibuat dengan menggunakan bantuan software-software canggih seperti Flash, Dreamweaver ataupun menggunakan teknologi Active X, Dynamic HTML, Java, JavaScript dan lain-lain. Beberapa diantara situs-situs tersebut  memang dimaksudkan untuk menunjukkan kepiawaian pengelola/desainer situs web memasukkan beragam teknologi tersebut kedalam situs mereka dan ditujukan untuk pengunjung situs yang memiliki koneksi yang cepat ke internet. Beberapa teknologi web

  • Bahasa pemrograman Java yang merupakan sebuah bahasa pemrograman berbasis objek yang dapat diintegrasikan dengan file HTML melalui objek khusus yang disebut applet.

Beberapa keuntungan menggunakan Java :

  •  merupakan subset dari C++         bisa dipakai ulang (reusable) dan berorientasi objek         memungkinkan pembangunan situs yang interaktif

Beberapa kerugian/batasan dari penggunaan Java :

  • Masih belum ada standardisasinya
  • Masih belum dapat mensuport semua platform Namun dengan dukungan dari beberapa pabrik browser besar seperti Netscape dan Microsoft maka penggunaan Java akan semakin maju. Selain Java kita juga mengenal JavaScript yang merupakan bahasa scripting yang berbeda dengan Java walaupun memiliki struktur bahasa dan konsep eksekusi yang mirip. Contoh penggunaan Java dan JavaScript reminder, kalender, shopping cart, kalkulator dan lain-lain. Teknologi CGI yang merupakan mekanisme komunikasi interaktif client-server. Dengan menggunakan CGI maka pengunjung dapat melakukan interaksi dengan situs web secara interaktif. Script CGI dapat dibuat dengan menggunakan Perl, shell Unix, C, php ataupun bahasa pemrograman lainnya. 

Beberapa keunggulan CGI :

  •  relatif lebih cepat dari Java
  • disupport oleh berbagai platform client dan server
  • bisa digunakan oleh client yang menggunakan broser berbasis grafik (Netscape, IE dan lain-lain) ataupun yang berbasis text (lynx pada UNIX) 

Kelemahan/batasan CGI :

  • Menghabiskan relatif lebih banyak waktu proses dibandingkan Java. Contoh penggunaan CGI search engine, akses database, webmail, eCard dan lain-lain. 
  • Teknologi shockwave dari Macromedia, membuat dokumen Director dapat dimainkan pada Web. Director telah biasa dipergunakan, setidak-tidaknya bagi para desainer aplikasi interaktif yang dipercaya sebagai peranti penciptaan aplikasi multimedia yang mewah. Dengan menggunakan aplikasi Afterburner, programmer director dapat mengompres dan menciptakan dokumen Shockwave yang dapat dilihat dari berbagai browser yang telah diinstall Plug-In Shockwave.

Plug-in

Untuk dapat menikmati teknologi-teknologi web tersebut, tak jarang pengunjung situs harus memiliki plugins khusus untuk browser mereka Sebagai contoh :

  • Untuk menikmati situs-situs yang menggunakan Shockwave dan Flash dari Macromedia maka dibutuhkan plugin Shockwave dan Flash Player yang bisa didapatkan di www.macromedia.com/shockwave/download/
  • File-file Real Audio / Video membutuhkan player yang bisa Anda dapatkan di www.real.com
  • Untuk melihat/membaca file-file PDF kita bisa mendownload program Adobe Acrobat Reader dari situs Adobe (http://www.adobe.com/products/) yang tersedia gratis.  

5. Membentuk Geng Situs Komunitas Online

Sementara host situs Web seperti Homestead dan para pesaingnya memberi ruang kosong dan sekotak perangkat pengembangan situs, layanan dalam kategori ini menyuguhkan rumah pribadi online siap bangun bagi klub, teman dan keluarga atau kelompok lain tanpa batas. Kita bisa menempatkan klub lokal di Internet, menjalankan klub pecinta buku online atau menciptakan wadah reuni virtual. Cukup daftar, isi formulir dan anda segera masuk dalam bisnis, dengan fasilitas-fasilitas seperti papan pesan, ruang chat, kalender bersama dan album foto digital. Situs komunitas online ini dirancang utamanya bagi pengguna rumahan, anda juga bisa menggunakannya untuk komunikasi bisnis, tetapi mereka tidak menjamin ketersediaannya atau keketatan keamanannya. Tempat bertemu anda dilindungi dengan password sederhana, bukan dengan enkripsi atau alat-alat keamanan kelas berat.

Tak satu pun dari layanan yang ada di sini menawarkan semua feature yang mungkin anda butuhkan dan semuanya juga masih dalam pengembangan. Misalnya ECircles and EGroups tidak menawarkan ruang chat ketika mencobanya. Keduanya menawarkan untuk mempunyai feature tersebut pada saat anda membaca artikel ini. Karena semua situs komunitas ini gratis, sebaiknya anda mencobanya dulu beberapa sebelum memilih yang tetap untuk digunakan. Di ecircle.com anda bisa menciptakan sebuah “lingkaran” dalam sekejap dan mengedarkan e-mail undangan kepada semua orang yang bergabung disana, membangun message-board, kalender bersama, area dimana anda bisa bertukar file dan foto dan pada sisi komersial registry yang memungkinkan anda membeli barang dari EToys, CDNow dan pedagang online lainnya. Setiap anggota dari kelompok anda bisa memilih untuk menerima ringkasan e-mail dari pesan-pesan dan diskusi yang baru atau aktivitas lainnya. Kami juga menyukai interfacenya yang bersahabat, meskipun orang lain mungkin merasa bahwa skema warna oranye dan ungu terlalu menyakitkan mata mereka.

Yang pantas disimak pula adalah egroups.com yang menyajikan corak baru terhadap kolaborasi Internet gaya lama dan mailing list yang sederhana. Tidak ada hubungannya dengan ECircles yang namanya mirip, layanan unik ini menjadikan pembuatan dan administrasi mailing list pribadi maupun publik menjadi mudah. Pengguna dapat berpartisipasi dengan e-mail atau mengunjungi situs egroups dimana diskusi yang sama dimunculkan sebagai forum pesan yang berurutan. Situs ini juga melengkapi dengan jajak pendapat online, kalender dan folder dimana pengguna bisa mengupload file untuk digunakan bersama. EGroups juga bermanfaat karena kita tidak akan mengomeli iklan singkat yang dilampirkan dalam pesan mailing-list yang seringkali lebih panjang dibanding pesan pokok yang disertainya.  

6. Berikan Sesuatu Yang Gratis Untuk Pengunjung Situs Anda

Mencari sesuatu yang gratis atau dengan biaya murah merupakan suatu sifat dasar manusia yang tidak bisa dipungkiri. Anda bisa memanfaatkan ini untuk meningkatkan popularitas web

1.      Membuat link khusus ke tempat-tempat yang memiliki sesuatu yang gratis.

Hal ini bisa dilakukan untuk membuat website kita lebih menarik tanpa harus membuat suatu produk tertentu. Anda terlebih dahulu harus menentukan barang-barang gratis macam apa yang ingin Anda tampilkan. Setelah itu cari situs yang menyediakan barang-barang tersebut lalu cantumkan alamat situs tersebut dalam situs web Anda. Sebaiknya untuk pencantuman link ini, Anda memberitahu pemilik situs tersebut agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Beberapa contoh barang gratis yang diminati penjelajah internet dan bisa Anda cari situs-situs penyedianya: Manual/On Line eBooks, poster, gambar/icon, music (mp3/midi), movie clip, CD dll.

2.      Menyediakan sesuatu yang gratis dari website kita (contoh Intel, Oracle, Sun)

Beberapa situs di internet menawarkan barang-barang gratis milik/produksi mereka sendiri. Hal ini bisa dilakukan untuk media promosi dari suatu perusahaan/organisasi yang memiliki kemampuan keuangan yang sangat baik. Sebagai contoh :

  • Langganan CD Gratis yang bisa berisi shareware, info produk dan lain-lain. Hal ini sudah dilakukan oleh Intel, Sun dan lain-lain.
  • Langganan Majalah gratis yang berkaitan dengan content situs yang dikelola. Sebagai contoh anda bisa mengunjungi Oracle Magazine (http://www.oramag.com
  • Katalog dari produk-produk yang ditawarkan. Contohnya adalah www.artrock.com
  • Contoh (Sample) produk seperti komponen-komponen elektronik (transistor, op-amp, dan lain-lain), software evaluation version dan lain-lain.
  • Databook yang berguna untuk mencari referensi dari sebuah produk. Contohnya intel.com, mereka menyediakan berbagai data mengenai produk mereka seperti mikroprosesor, mikrokontroler dan lain-lain yang digabung dalam beberapa buku.

3.      Sediakan layanan-layanan gratis yang dapat menarik pengunjung

sekaligus sebagai media promosi. Ini berkaitan dengan teknologi web yang telah dibahas pada bagian sebelumnya. Contohnya adalah layanan electronics Cards gratis yang masing-masing cardnya bisa berisi link menuju situs Anda.  

7. Buat Isi Homepage Anda Selalu Baru (Update)

Suatu situs web yang baik akan selalu menunjukkan aktivitas updating content yang baik. Dengan semakin seringnya content diperbaharui (ditambah, diganti, dikoreksi, diperiksa link-nya dan lain-lain) menunjukkan kepada penjelajah situs bahwa memang situs anda adalah situs yang benar-benar terurus. Hal seperti ini sangat direkomendasikan untuk situs-situs penyedia informasi di mana informasinya itu sering berkembang dalam rentang waktu yang singkat, seperti situs-situs majalah, koran, bursa. 

Ada berbagai cara untuk melakukan proses update ini :

  1.  Secara manual : Anda update sendiri halaman-halaman web Anda dengan editor HTML yang ada kemudian save dan upload
  2. Secara otomatis : Anda bisa menggunakan teknologi web yang telah ada untuk mempermudah proses updating misalnya menggunakan CGI atau teknologi lainnya sehingga memudahkan pengelola situs untuk terus memperbaharui situsnya. 

8. Menambahkan  feature-feature yang menarik.

Dari berbagai teknologi web yang telah dikenal maka dapat membuat suatu layanan/feature khusus dari situs web yang dapat menarik perhatian pengunjung. Ide dasarnya adalah menarik pengunjung dengan fasilitas/layanan yang disediakan kemudian membuat mereka penasaran untuk mengeksplorasi lebih lanjut situs web kita. Beberapa contoh layanan tersebut adalah eCard, search engine, discussion room, chat room, free hit counter. 

9. Mengarahkan link mesin pencari (search engine) ke alamat web Anda

Kita dapat menggunakan coding html untuk menambahkan meta description pada web yang kita buat, karena mesin pencari menggunakan meta description untuk melakukan pencarian.      link dari search engine/situs lain diarahkan menuju halaman utama dari situs kita, sehingga memaksa pengunjung untuk mengeksplorasi situs kita lebih lanjut.      link dari search engine/situs lain langsung diarahkan menuju halaman yang berisi fasilitas yang ditawarkan. Dan dari setiap layanan yang diberikan, pengunjung ‘dibujuk’ untuk melakukan eksplorasi lebih jauh. ‘Bujukan’ itu sendiri bisa berupa beberapa preview image yang menarik, banner, dan lain-lain. Contoh penggunaan meta description 

<META http-equiv=Content-Type content="text/html; charset=utf-8"><META content="Portal info seluler dan daftar harga handphone" name=description><META content="daftar harga,harga handphone,spesifikasi,spesifikasi handphone,ponsel,review,flexi,esia,satelindo,mentari,
telkomsel,proxl,xl,
im3,nokia,siemens,sonyericsson,samsung,
motorola,lg,philips,alcatel,panasonic,mitsubishi,o2,sagem,sanex,treo,dbtel,modottel,xelibri"
name=keywords> 

Keterangan :meta description diatas digunakan untuk mengarahkan search engine (yahoo, altavista, google dan lain-lain) untuk mencari item-item sebagai berikut : daftar harga, harga handphone, spesifikasi, spesifikasi handphone, ponsel, review, flexi, esia, satelindo, mentari,< telkomsel, proxl, xl,  im3, nokia, siemens, sonyericsson, samsung, motorola, lg, philips, alcatel, panasonic, mitsubishi, o2, sagem, sanex, treo, dbtel, modottel, xelibri, pada website http://www.studiohp.com. semakin banyak meta description yang kita cantumkan, maka peluang search engine menemukan web kita akan semakin besar.  

10. Mengiklankan Website Anda

Agar situs web Anda dapat dikenal maka Anda harus melakukan promosi mengenai web Anda. Ada banyak cara, diantaranya :

  1. Daftarkan search engine yang paling banyak diakses (yahoo, altavista, infoseek).
  2. Bisa juga melakukan promosi melalui produk, majalah, katalog, eCards, layanan webmail, banner dan lain-lain.
  3. Selain itu Anda bisa juga menggunakan sarana IRC jika memang diijinkan, memungkinkan dan sesuai dengan isi/tema dari channel IRC tersebut. 

13 pemikiran pada “Kiat-Kiat bagaimana membuat halaman web menjadi lebih menarik dan meningkatkan rating kunjungan

  1. Lumayan tuk orang yang baru belajar membuat Blogs

  2. Ok juga nih, tambahin lagi ya….

  3. Terima kasih atas komentarnya, mudah-mudahan dapat menjadi penyemangat saya menyajikan informasi yang bermanfaat untuk kita semua.

  4. perlu dibaca,sebuah informasi penting

  5. Masih ada yang kurang Mas Kholid…. Tambahin dong kata-kata bijak yang berganti-ganti setiap beberapa menit. mungkin usul saya pake text berjalan aja… Selain gak ngebosenin, plus memberi inspirasi buat Usernya.
    Trims Mas atas informasi-informasinya..

  6. bro, yg ke 9 itu search engine yg kita copy tidak dapat kita liat di web kita sendiri?

  7. #fen

    Deskripsi META TAG yang terdapat dalam artikel diatas hanyalah sebagai sampel saja mas, META TAG tersebut diletakkan dalam halaman web yang sedang dibangun. Tidak diletakkan dalam search engine… Fungsinya adalah sebagai optimalisasi mesin pencari, atau istilah kerennya Search Engine Optimization

    Hasil yang akan didapatkan bergantung dengan ketatnya kompetisi keyword, sebagai contoh web gallery sepatu. Bila sebelumnya sudah banyak yang menggunakan keyword tersebut, dan web kita adalah web yang baru dibangun. Tentunya halaman web yang kita buat itu tidak serta merta berada di urutan teratas hasil pencarian search engine.

    Mudah-mudahan jelas ya..

  8. wah… mas makasih informasinya…
    membantu sekali bwat saya yang masih baru belajar…

  9. nice posting bro…suka sama tulisannya..tx

  10. thanks infonya bro.

  11. Saya ingin menanyakan bagaimana caranya menambahkan meta description pada web yang kita buat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s