Menjadi pakar SEO

Apa sih SEO ?

Bagi kita-kita yang awam tentang komputer, mungkin banyak pertanyaan dalam benak masing-masing.  Mengapa selalu dibicarakan oleh semua orang di internet.

Perbincangan tentang SEO ibaratnya sudah menjadi topik aktual sekarang ini, bahkan di Indonesia sendiri ada kontes yang menguji kehebatan kita sebagai pakar SEO.

Menurut sepengetahuan ku padahal dari orang lain juga, SEO yang kepanjangannya dalam bahasa inggris yaitu Search engine optimization merupakan optimalisasi mesin pencarian, agar dalam proses pencarian keyword (kata kunci) artikel / isi dari suatu web dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari, dan gimana jika kita gunakan saja bahasa aslinya, yah biar kelihatan keren yaitu Search Engine.

Ada beberapa tekhnik dalam SEO
1. Alt Text/Attribute and Anchor Text
Alt Text yang disematkan pada file gambar untuk memancing spider search engine waktu crawl  meraba-raba sebuah halaman dengan informasi berbentuk teks.
Anchor Text adalah frase yang mungkin/kira-kira akan dipakai oleh orang yang melakukan pencarian di search engine yang oleh karenanya ditautkan kembali ke situs agar situs tersebut menjali lebih bagus rankingnya di search engine.

2. Cloaking
Metoda yang kebetulan kata orang rada jahat ini, memasukkan kata kunci yang nota bene tidak berhubungan dengan sesuatu yang kita cari. Biasanya digunakan oleh perusahaan / orang-perorang yang dapat dikategorikan sebagai Black Hat.

Keyword biasanya ditaruh dalam halaman yang tidak dapat dilihat oleh pembaca (spider search engine). Ini dapat dilakukan dengan cara mengirimkan isi suatu halaman berdasarkan alamat IP atau User-Agent HTTP header dari user yang meminta halaman itu. Ketika user diidentifikasikan sebagai spider search engine, sebuah server-side script, yang telah disiapkan sebelumnya, mengirimkan sebuah halaman yang berbeda, yang tidak terlihat dalam halaman aslinya.

3. Directory & DMOZ
Directory adalah daftar tautan/Link yang terdapat dalam suatu halaman web dalam format yang sudah terkategori
Memperbanyak link bisa saja meningkatkan PageRank, apalagi bila artikel pada suatu halaman web dihubungkan dengan web lain.

4. Ethical search engine optimization
Meningkatkan Page Rank dengan mentaati rule yang ada perlu dilakukan agar hasil pencarian benar-benar sesuai dengan yang diharapkan. Akan tetapi pada saat ini penyalahgunaan tekhnik SEO perbedaannya sangat tipis antara etis dan tidak etis, karena bergantung pada niat masing-masing pembuatnya.

5. Key phrase, Keyword, Keyword analysis dan Keyword spamming
Para pakar SEO biasanya memasukkan key phrase (istilah kata), keyword (kata kunci), Keyword analysis (analisis kata) yaitu proses pencarian kata kunci apa yang tepat digunakan untuk memaksa search engine mengarahkan hasil pencarian ke web yang kita buat. Keyword spamming adalah menjejali halaman web dengan berbagai kata kunci guna menarik spider search engine, biasanya digunakan oleh kalangan Black Hat.

Satu pemikiran pada “Menjadi pakar SEO

  1. Ping balik: Mengenal Tag Cloud « .: Another Blogs :.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s