ARSITEKTUR SISTIM BASIS DATA

1.MODEL DATA, SKEMA DATA DAN INSTAN
Karakteristik utama pendekatan basis data adalah adanya beberapa tingkatan dalam abstraksi dengan menyembunyikan spesifikasi detail penyimpanan data. Pemodelan data merupakan sarana untuk melakukan proses abstraksi data. Model data merupakan sejumlah konsep yang digunakan untuk membuat deskripsi struktur basis data.

Dengan deskripsi struktur basis data dapat ditentukan jenis data, hubungan (“relationship”), dan konstrain data.

1.1. Model Data
Model data dapat dikelompokkan berdasar konsep pembuatan deskripsi struktur basis data, yaitu model data kenseptual atau tingkat tinggi (“high level”) dan model data fisikal atau tingkat rendah (“low level”).

Model data konseptual menyajikan konsep tentang bagaimana pemakai basis data memandang atau memperlakukan data, sedangkan model data fisikal merupakan konsep bagaimana deskripsi detail data disimpan dalam komputer. Diantara kedua model tersebut terdapat model data implementasi (representational) yang merupakan konsep deskripsi data disimpan dalam komputer dengan menyembunyikan sebagian detail deskripsi data sehingga pemakai data memperoleh gambaran global bagaimana data disimpan dalam komputer.

Dalam model data kenseptual digunakan konsep entity, attribut dan relationship. Pengertian ketiga istilah tersebut masing-masing adalah :

  1. Entity (entitas) merupakan penyajian obyek, kejadian atau konsep dari dunia nyata (real world) yang keberadaannya secara eksplisit didefinisikan dan disimpan dalam basis data , seperti MAHASISWA, PERKULIAHAN, MATA KULIAH, dsb misalnya dalam basis data Akademi (Gambar 1.1)
  2. Attribut merupakan keterangan-keterangan yang dimiliki oleh suatu entity, seperti nama mahasiswa, alamat, dsb pada entity MAHASISWA.
  3. Realtionship (hubungan) merupakan interaksi antar entity satu dengan lainnya, misal MENGIKUTI, menyatakan hubungan antar entity MAHASISWA dan MATA KULIAH.

1.2. Skema dan Instan Basis Data
Skema basis data merupakan deskripsi dari basis data yang spesifikasinya ditentukan dalam tahap perancangan. Skema basis data diharapkan tidak berubah (dirubah) dalam setia[p saat walaupun dimungkinkan untuk dilakukan perubahan. Penggambaran skema biasanya ditampilkan dalam diagram skema yang berisi sebagian dari detail deskripsi basis data.

Data dalam basis data setiap saat akan berubah karena terjadinya penambahan, penghapusan ataupun pembaharuan data

Satu pemikiran pada “ARSITEKTUR SISTIM BASIS DATA

  1. Ping balik: ARSITEKTUR BASIS DATA | wisbays

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s