Motor Hybrida Konsep Berbahan bakar LPG dan Bensin

679kanzen-lpg-axl-1.jpgGuna memperjelas artikel saya yang sebelumnya, bahwa sebenarnya mesin motor dapat diaplikasikan dengan bahan bakar elpiji (gas), berikut ini adalah artikel tentang motor konsep buatan PT. Kanzen Motor Indonesia. Rencananya sih motor konsep ini akan diproduksi secara massal dalam waktu yang belum ditentukan.

Di Jakarta Motorcycle Show 2008, Kanzen pamer Kanzen Hybrid. Bisa menggunakan bahan bakar gas LPG (Liquid Petroleum Gas) atau bensin biasa, tinggal tekan sakelar untuk memilihnya. Ini bikin penasaran gimana performanya. Untuk itu tim MOTOR Plus coba jajal duluan.

“Ini tahap awal. Pengembangan selanjutnya akan dibuat panel penunjuk temperatur mesin,” bilang Chris Andri Tjahjono, Product Engineering, PT Kanzen Motor Indonesia (KMI). 680kanzen-lpg-axl-2.jpgKok butuh tanda penunjuk kondisi suhu mesin? “Iya lewat panel suhu konsumen bisa tahu waktunya memindahkan suplai bensin ke gas,” ungkap Chris yang berkantor di Karawang Timur, Jawa Barat.

Jadi, ketika mesin dingin menggunakan suplai bensin dulu. Tujuannya supaya mempercepat panas mesin menuju titik ideal. Bila temperatur sudah dianggap pas, konsumen tinggal pencet tombol merah di sayap kanan motor. Tombol yang dipencet akan mengalihkan suplai bahan bakar dari bensin ke gas.

681kanzen-lpg-axl-3.jpgPengenalan ini jadi tahap awal sebelum MOTOR Plus mengendarai Hybrid. Sekitar 30 menit Hybrid diajak berputar keliling lahan pabrik. Tahap awal Hybrid punya kesan lebih berat dibanding Kanzen Taurus yang jadi basis mesin dan rangka.

Meski begitu, stabilitas Hybrid nggak perlu diragukan. Walaupun ada tambahan beban 3 kg dari volume dan wadah gas yang belum termasuk rangkai komponen pendukung suplai gas, Hybrid tetap nyaman dikendarai ataupun diajak manuver. 682kanzen-lpg-axl-4.jpg

Tapi, ada sedikit perbedaan dari versi Hybrid yang diswitch pakai bensin. Gas dipelintir perlahan buat mengecek putaran mesin. Hybrid kurang begitu responsif dengan bahan bakar gas dibanding pakai bensin.

Saat suplai bahan bakar gas digunakan putaran mesin menengah ke atas terasa sedikit lebih lambat dibanding yang menggunakan bensin. Chris bilang gas kalorinya 10% lebih rendah dibanding bensin. Artinya, panas untuk menghasilkan energi di ruang bakar lebih lama dibanding bensin.

Meski demikian, penyempurnaan tinggal menunggu waktu sebentar lagi. Jadi, kapan nih?

LPG SETARA BENSIN OKTAN 98

683kanzen-lpg-axl-5.jpgLPG untuk kompor rumah tangga terdiri dari campuran kimia propana dan butana. Menurut Chris Andri dari Product Engineering PT KMI (Kanzen Motor Indonesia), setara bensin oktan 98. Makanya bisa dipakai di mesin rasio kompresi 10 : 1.

Jadi nggak masalah LPG rumah tangga dipakai untuk motor. Selain lebih murah, juga mudah didapat. Sehingga konsumen tak repot mencarinya. Apalagi dari pengujian 3 kg tabung LPG Rp 15 ribu sanggup menempuh jarak 240 km. Bandingkan jika pakai bensin 1 liter Rp 5.500, hanya 40 km. Eh, sekarang malah Rp 5.000. Pakai gas, iritnya pasti nambah.

Ralat: Harga premium per 15 Januari 2009 telah turun kembali menjadi Rp. 4500 per liter.

Hanya saja untuk menerapkan LPG ke motor harian caranya tidak seperti memasak di kompor gas. Tinggal putar pengatur debit gas, sambil pematik gas ditekan untuk menyalakan kompor.

Tapi dengan gas LPG yang memiliki tekanan di dalam tabung sekitar 8 bar. Sebelumnya gas cair tadi lebih dulu diperkecil tekanan oleh evaporator dua tingkat. Di mana pada tingkat pertama gas diatur sampai memiliki tekanan 2 bar.

“Lalu pada tahap tingkat kedua LPG memiliki tekanan ½ bar. Uap Gas tadi baru bisa dipatik api busi di dalam ruang bakar. Mesin pun baru mau nyala normal,” lanjut pria ramah ini.

Tak sampai di situ. Agar gas bertekanan ½ bar dapat mengikuti putaran mesin, debitnya diatur komponen bernama APFC (Accelarated Power by Fuel Consumsion) yang posisinya bersebelahan dengan evaporator. Dan untuk bisa bercampur dengan udara bertekanan, tepat di lubang venturi karburator asli juga terpasang Mixer.

Sebaliknya jika pengendara ingin kembali gunakan bensin biasa. Caranya cukup tekan sakelar pemisah antara LPG dan bensin di cover sayap. Lalu tunggu sekitar 40 detik, sampai suplai bensin ke bak karburator benar-benar sudah terpenuhi.

“Untuk mengatur aliran bensin maupun LPG, tugas sekelar tadi memerintah switch valve di dekat tabung gas dan di slang karbu untuk menutup aliran gas LPG. Maka yang turun selanjutnya besin,” tambah Chris.

Motor plus online

8 pemikiran pada “Motor Hybrida Konsep Berbahan bakar LPG dan Bensin

  1. aku sangat tertarik dengan penggunaan dua macam bbm tapi beli dimana ya alatnya (regulatornya) aku pingin pasang di supraku

  2. beli dimana ya konverter kit untuk pke LPG? mohon infonya ya ….?

  3. Mahal mas alatnya…. ada yang sudah punya referensi. Perkiraan harga konverternya seperti yang tertera dalam artikel sebesar 10 juta rupiah…

    Wuih… mahal yee

  4. klo boleh ngorek2 dapur nich,giman cara kerja dari APFC (Accelarated Power by Fuel Consumsion) ?

  5. halo mas bro semuanya! pakabar nich?? Benar-benar inovasi yang bagus nih,

    btw gw mo nanya, klo sistem aliran bbg dari tabung menuju manifold itu pake kran tipe apa yach????kran angin biasa apa pake kran yg dipke buat ngelas???? coz gw nyoba di supra gw tpi beLum berhasil idup ampek skrg(kemungkinan campurannya terLalu kaya yach?)!!!, hehehehe memang tdak semudah itu mengaplikasikannya di motor supra!

    ini bukan untuk di komersilkan tapi untuk kpetingan pendidikan! thnx banyak! tolong banget ya bro, tolong sarannya kirim via email or ponsel email: aditiya_r@yahoo.co.id ponsel:085737171076

  6. hla masalah pemasaran nya gmana?
    lum pernah liat tu aku mtor kaeak gto.
    klo bisa ya scepatnya,
    jangan kalah ma produk jepun,
    ++ jangan mahal2 harga na,
    ok coy

  7. maaf mas……
    q ingin tahu harga konverter kitx berapa ya????
    n bagaimana cara kerja dari alat ini???? (kalo bisa detail)
    cz q rencana mau penelitian tentang ini…….
    terus untuk ngukur konsumsi gas dan volume gas sisa yang masih ada d tabung bagaimana ya????????

    tolong jawabanya kirim lewat email:
    pacho_ok@yahoo.com

  8. Kami sudah buat inovasi tersebut dari tahun 2008 …….motor dengan dual fuel …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s