5 (lima) situs E-learning GRATIS terbaik

Ada pepatah yang mengatakan bahwa:

Kejarlah ilmu walau ke negeri China

Bro… ngapain nyari ilmu ampe ke negeri China, kan dari rumah aja juga bisa koq. Hehe…

Sekali lagi pepatah itu kan berlaku sebelum ada internet. Kita tahu sekarang ini bahwa internet sudah merajalela hampir ke sulurh aspek kehidupan, mau belanja gunakan ecommerce, mau komunikasi murah gunakan social networking, atau chatt, lalu jika mau belajar, ya gunakan aja e-learning.

Apaan tuh E-learning?

Menurut pengertian wikipedia, e-learning disebut juga dengan sistem pembelajaran elektronik adalah: cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.

Saran saya, manfaatkanlah metode pembelajaran online lewat website E-Learning. Bila kita menjelajahi internet, kita dapat dengan mudah mencari bermacam-macam situs pembelajaran online. Ya.. tak cuma satu, bisa puluhan, ratusan, bahkan ribuan. Dengan memanfaatkan website E-learning bro dan sis dapat mempelajari ilmu pengetahuan yang ingin dikuasai seluas-luasnya. Syaratnya mudah, yaitu manfaatkanlah akses internet yang Anda miliki.

Usahakan kita memanfaatkan akses internet yang dimiliki untuk keperluan yang baik-baik, untuk belajar memperdalam skill khusus yang kita miliki. Sayang kalau digunakan hanya untuk mencari hiburan semata, toh hiburan itu tidak akan bermanfaat untuk pengembangan diri jika dilakukan secara berlebihan.

Berikut ini saya hadirkan untuk Anda, beberapa alamat website E-learning yang selama ini telah menjadi acuan bagi saya untuk memperdalam pengetahuan saya di bidang IT. Walaupun jumlahnya hanya lima, akan tetapi material yang terdapat dalam website-website yang saya tampilkan di bawah ini cukup komplit untuk mengurangi dahaga kita akan pengetahuan.

So.. segera meluncur ke lokasi ya… ingat.. ingat, belajar jangan tunda-tunda lagi.

5 (lima) situs E-learning GRATIS terbaik yang bermanfaat untuk Anda:

1. http://www.ilmukomputer.com

Website ini telah dikenal banyak oleh para pelajar, mahasiswa, akademisi dan siapa saja yang tertarik mempelajari ilmu komputer secara mandiri. Dalam komunitas ini para anggotanya saling membagi pengetahuan yang dimiliki untuk kemajuan pengetahuan di Indonesia. Maju terus komunitas IlmuKomputer[dot]Com !.

2. http://ocw.gunadarma.ac.id/course

UG OpenCourseWare merupakan website pembelajaran gratis dan terbuka untuk kalangan akademisi, mahasiswa, dan para pelajar mandiri di seluruh dunia yang disediakan oleh Universitas Gunadarma. Materi kuliah yang tersedia disini sebagian besar merupakan modul kuliah yang menjadi acuan bagi para mahasiswa di Universitas Gunadarma.

3. Website E-Learning (DEPKOMINFO)

Website ini dikelola oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Departemen Komunikasi dan Informatika. Biasa dimanfaatkan oleh para pegawai DEPKOMINFO untuk memperdalam pengetahuan komputer mereka. Meski begitu web ini dapat diakses oleh siapa pun yang memiliki minat memperdalam informasi.

4. http://university.romisatriawahono.net

Universitas maya yang satu ini dikelola oleh Bapak Romi, beliau adalah pakar telematika yang juga merupakan pendiri komunitas IlmuKomputer[dot]Com. Dalam website ini Anda dapat menemui bahan-bahan kuliah yang ia ajarkan kepada para mahasiswanya di berbagai kampus. Untuk memanfaatkan bahan-bahan kuliah yang tersedia, Anda mesti melakukan proses registrasi terlebih dahulu.

5. http://bse.depdiknas.go.id/

Web yang dikelola oleh Departemen Pendidikan Nasional yang satu ini juga saya masukkan nih sebagai bagian dari penyedia E-learning. Sebabnya adalah melalui web ini siswa-siswa tingkat SD hingga SLTA (SMU/SMK) tak perlu lagi membeli buku-buku pelajaran yang mahal, cukup download saja. karena urusan copyright (lisensi) sudah merupakan urusan pemerintah.

Best regards, Kholid Fahrudin

Semoga bermanfaat buat bro.. sis.. n kawan-kawan semua.

10 pemikiran pada “5 (lima) situs E-learning GRATIS terbaik

  1. thanks ya bos atas info yang bos kasikan. sebelumnya saya mau minta ma bos ne, kl saya postingkan di blog saya blog ndak bos.hehehe tapi saya tempel juga nama blog bos..thanks

  2. @dewandaru
    Semoga bermanfaat, mohon ditambahkan bila ada yang lain yach.

    @Sopian
    Sama-sama… moga bermanfaat. Silahkan… jika mas mau menyebarluaskan artikel ini, yang penting ada link back.🙂

  3. bravo ebook2 di atas sangat bermanfaat….

  4. sebenarnya masih banyak situs elearning yang lain, tapi memang yang dikenal adalah situs yang tertera di artikel anda.

  5. Sangat bermanfaat semoga semakin mantap’…
    Terima kasih

  6. ya allah.. mau kuliah aja susah banget.. T_T
    dua tahun ngalah demi adek2 saya.. apa tahun ini atau tahun2 selanjutnya saya bisa kuliah yaaa..?? T_T
    andaikan nemu duit sekoper.. langsung gw pake buat daftar kuliah dah.. hiks.. T_T

  7. .situsnya kurang .

  8. kayakx kurang banyak dech situsnya.. phy mkcih ya………………….

  9. Tetap aja berlaku bro, bukankah di internet juga browsing, surfing, selancar, merambah artinya tetap saja satu mencari juga bukan mencipta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s