Wisata Virtual ke Al Haram Al-Syarief (Kompleks Masjid Al-Aqsha)

Sekarang-sekarang ini marak adanya demonstrasi besar-besaran yang mengutuk agresi israel ke Palestina. Tapi ada hal yang sejak lama saya perhatikan, demo selalu membawa maket Dome of the Rock untuk menggambarkan Masjid Al-Aqsha. Entah karena alasan Dome of the Rock lebih eye catching (enak dilihat) dibandingkan dengan Masjid Al-Aqsha yang sebenarnya, karena kubahnya yang terbuat dari emas atau karena alasan-alasan lain. Yang saya tahu adalah informasi mengenai bentuk masjid Al-Aqsha sudah saya ketahui sejak lama, jadi sudah tidak sewajarnya kita masih menganggap kesalahan itu adalah hal yang biasa.

Oleh karena itu, untuk lebih mengenal kompleks masjid Al-Aqsha yang sebenarnya kita dapat berkunjung kesana.. Eit kalau mesti mengunjungi Palestina, sangat terbayang bagaimana kesulitan untuk menuju kesana. Mesti melewati pos-pos penjagaan ketat yang dikuasai oleh tentara Israel, atau melalui pos perbatasan Mesir dengan Palestina yang belum tentu dibuka aksesnya.

Ada alternatif lain yang lebih mudah untuk berwisata kesana, yaitu dengan cara virtual tour. Virtual Tour memungkinkan kita untuk melihat kompleks Masjid Al-Aqsha dengan pandangan 360 derajat tanpa batas, kita dapat mengarahkan view ke kiri, kanan, atas dan bawah dengan bebas, seperti yang telah didahului oleh Google dalam Google Mapnya. Tak perlu beranjak dari komputer, anda cukup mengakses web ini. Web yang dikelola oleh Saudi Aramco ini mensyaratkan komputer yang digunakan untuk mengakses virtual tour harus memiliki flash player dan quick time. Web yang menurut saya sangat menarik untuk dikunjungi, karena selain dapat menikmati view-nya, kita juga dapat mempelajari sejarah dengan informasi berupa teks dan suara.

Dome of the Rock

Masjid Al-Aqsha

Tampilan Virtual Tour ke Kompleks Masjid Al-Aqsha

Referensi:
1.  http://www.al-habib.info
2.  http://www.saudiaramcoworld.com/issue/200901/al-haram/tour.htm

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s