Boleh atau tidaknya mengenal karakteristik seseorang berdasarkan zodiak

Berdasarkan pengetahuan yang saya miliki, hukum mempercayai ramalan bintang adalah hal yang diharamkan. Sebagai contoh adalah mempercayai hal yang akan terjadi pada seseorang berdasarkan hari atau bulan yang diramalkan, si A bulan ini akan mengalami masalah asmara, kesehatan sedang tidak baik, keuangan sedang pailit dan seterusnya bla… bla… bla…

Referensi Alqur’an:
“Katakanlah: Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah.”
(Qs. An Naml: 65). Dalam ayat lain, Allah menegaskan bahwa tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui apa yang akan terjadi besok, sebagaimana firmanNya yang artinya “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari Kiamat; dan Dia-lah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana Dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Qs. Luqman: 34). Klaim bahwa ada yang mengetahui ilmu gaib selain Allah adalah kekafiran yang mengeluarkan dari islam.

Sumber disini

Referensi Hadits:
Imran bin Hushain berkata, Rasulullah bersabda, “Bukan termasuk golongan kami orang yang melakukan tathayyur (meramal nasib lewat gerakan burung) atau minta dilakukan tathayyur untuk dirinya, berpraktik perdukunan atau minta bantuan dukun, berpraktik sihir atau memanfaatkan jasa mereka. Barang siapa mendatangi dukun, lalu membenarkan apa yang dikatakannya, maka ia telah kufur terhadap apa yang telah diturunkan kepada Muhammad (al-Qur’an dan al-Hadits).” (HR. al-Bazzar. Imam al-Haitsami menyatakan bahwa perawinya shahih. Kitab Majma’uz Zawaid: 5/ 117).

Kebiasaan meramal juga sudah ada sejak jaman jahiliah, biasa disebut dengan At-tathayyurasal. At-tathayyurasal katanya dari thair yang artinya burung. Maksudnya orang Arab jahiliyah terbiasa mempercayai pertanda dari burung yang terbang melintas. Misalnya, bila hendak bepergian lalu tiba-tiba ada seekor burung terbang melintas, maka dia menghentikan niatnya karena terbangnya burung tadi pertanda akan adanya nasib naas yang akan menimpanya.

Sebagai muslim kita tentu tidak boleh mempercayai hal itu, karena perbuatan mempercayai ramalan adalah perbuatan yang mendekati syirik kepada Allah SWT. Percayalah bahwa jodoh, rejeki, hidup dan mati seseorang sudah diatur oleh Allah Yang Maha Kuasa.

Lalu bagaimana dengan hukum mengetahui kepribadian seseorang lewat zodiak, misalkan si A lahir pada bulan Maret dan masuk dalam zodiak pisces.

Bila kita mencari di Google, ketikkan zodiak pisces, maka halaman yang muncul sebagai contoh adalah seperti berikut:

Karakter Pisces Tradisional
Imaginatif dan sensitif
Baik
Tidak egois
Intuitif dan simpatik

Di sisi lain
Idealistik
Suka rahasia
Mudah diatur

Pisces,
Pisceans memiliki bakat alami yang lembut dan sabar. Mereka memiliki banyak kualitas kebaikan dan friendly, baik, sensitif terhadap perasaan disekelilingnya, dan merespon dengan sangat simpatik. Mereka biasanya popular dikalangannya, biasanya karena mudah bergaul. Mereka menerima orang disekelilingnya dan juga keadaan dibandingkan mencoba beradaptasi, dan mereka sabar untuk menunggu masalah selesai dibandingkan mencoba menyelesaikan masalah. Mereka biasanya lebih peduli masalah orang lain dibandingkan masalah dirinya sendiri.

Mereka terkadang lebih menggunakan emosi dibandingkan rasional. Mereka sudah dikenal sebagai sangat kreatif. Mereka tidak menyukai kedisiplinan. Hidup jam 9 sampai 5 adalah bukan untuk mereka.

Pisceans cenderung menarik dirinya dalam dunia mimpi dimana mereka dapat merasakan kepuasan. Mereka memiliki intuisi tinggi, cepat mengerti, memperhatikan dan pendengar baik, dan bisa menerima ide dan atmosfir baru. Semua faktor ini dapat dikombinasikan untuk menghasilkan karya literatur, musk atau seni yang kreatif.

Mereka tidak pernah memperhatikan diri sendiri dalam hubungan pribadinya dan memberi lebih dari apa yang temannya minta. Mereka biasanya setia dan home-loving.

Dalam dunia kerja mereka bekerja lebih baik apakah bekerja sendiri atau dalam pimpinan orang lain. Bakat mereka adalah dalam perdagangan. Mereka takut untuk mengatur lebih dari departmen kecil, khawatir akan gagal. Mereka dapat menjadi sekretaris yang baik. Banyak juga arsitek dan pengacara adalah Pisceans. Mereka juga dikatakan dapat menjadi detektif yang baik karena mereka dapat mengimajinasikan dengan baik. Dari pekerjaan teknikal mereka sangat cocok sekali. Pisceans sering bekerja lebih dari satu pekerjaan secara bersamaaan.

Sumber di sini

Sepertinya bukan merupakan hal yang bersifat ramal-meramal ya, lebih kearah mempelajari karakteristik seseorang. Setahu saya, ada banyak alternatif lain untuk mempelajari karakteristik seseorang selain dari zodiak, di banyak website juga ada yang menjelaskan karakteristik kepribadian seseorang berdasarkan golongan darah. Seseorang yang memiliki golongan darah O akan memiliki sifat dominan … , dan begitu juga untuk golongan darah lainnya.

Mempelajari karakteristik seseorang, biasanya dilakukan untuk mengenal calon gadis/lelaki idaman, berusaha mencari tahu apa yang disukai dan seperti apa karakternya.

Lalu apa jawaban tepatnya untuk hal ini, apakah mempercayai karakteristik seseorang berdasarkan zodiak dibolehkan?

Mungkin teman-teman dapat berpendapat lain?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s