Mencoba menghitung konsumsi BBM Vario 125 ISS dengan aplikasi android

Setelah tiga bulan menggunakan motor Vario 125 ISS, penasaran juga dengan konsumsi BBM per liternya. Apakah sesuai dengan gembar gembor AHM yang diklaim bisa mencapai 58 km/liter dan versi media (lomba irit) yang mencapai 76 km/liter.

Ternyata ada  aplikasi android yang dapat membantu kita mengetahui konsumsi bbm kendaraan kita. Salah satunya adalah Mileage, aplikasi mileage ini sejatinya digunakan untuk kendaraan roda empat, tetapi bisa juga digunakan di roda dua.

mileage

Metode pengujian yang saya lakukan adalah Full to Full, dengan penjelasan sebagai berikut:

Pada tanggal 15 Juni 2013 tepatnya di kilometer 859, saya mengisi bensin secara full dengan bbm shell super (oktan 92) sebanyak 3,64 liter, harga per liternya saat itu adalah Rp.9.050, total jadi Rp. 32.942.

Screenshot_2013-07-05-15-50-33

Pengisian BBM full I

lalu pada tanggal 4 Juli 2013, di kilometer 1025, saya mengisi full kembali dengan bbm shell super lagi sebesar 3,74 liter, dengan harga per liternya yang sudah naik menjadi Rp. 9.350, total biaya sebesar Rp. 34.969. (apa ada hubungannya ya dengan kenaikan bensin premium, yowis ga tau lah).

Screenshot_2013-07-05-15-50-41

Pengisian BBM full II

Seperti dapat dilihat di atas, dalam data statistik muncul angka konsumsi bbm pada pengisian kedua. Berdasarkan data di atas, didapat informasi bahwa si vario 125 iss telah menempuh jarak sejauh 166 km, dan konsumsi bbmnya adalah 44,39 km/liter.

Sebagai informasi, vario 125 iss saya terhitung jarang digunakan, karena vario 125 dikhususkan sebagai kendaraan untuk keluarga alias digunakan paling sering buat ternak teri (nganter anak nganter isteri.. wkwkwkw), boleh dibilang dalam seminggu mungkin hanya 3 hari saya pakai vario 125 iss, selebihnya pakai motor yang satunya lagi yaitu pulsar 200 (motor idola).

Rute berangkat kerja adalah dari Semper (rumah) ke bilangan monas, Jakarta Pusat, selebihnya digunakan hanya untuk jarak dekat, dari rumah ke mall sekitaran Kelapa Gading dan rawamangun. Pada saat pengujian, iss selalu diaktifkan,  dan rute tersebut termasuk banyak menghadapi kemacetan sehingga iss sering aktif. Bikernya juga tidak bertubuh gemuk, cuma 70 kg, kadang ngeboncengin istri dan anak yang kalau ditotal beratnya 75 kg.

Cara berkendara yaitu dengan berkendara normal, bila jalanan sepi ya motor digas sedapatnya, ya gak ngebut-ngebut amat sih, maklum karena saya tahu peruntukan motor matic untuk santai jadi paling banter 80 km/jam, selebihnya kebanyakan stop and go di berbagai area kemacetan di Jakarta.

Melihat hasil test yang cuma sampai 44,39 km/liter, rasanya jauh sekali dengan hasil test pabrikan. Entah metoda apa yang digunakan, mungkin juga karena pengaruh dari lokasi pengujian, berat rider, settingan mesin, atau bahkan dari jenis bbm itu sendiri.

Next time saya mau melakukan pengujian dengan BBM jenis lain, tentunya dengan oktan yang lebih besar yaitu oktan 95, mudah-mudahan hasilnya bisa lebih baik. Bisa menggunakan shell V-power atau pertamax plus, atau mungkin keduanya secara bergantian.

11 pemikiran pada “Mencoba menghitung konsumsi BBM Vario 125 ISS dengan aplikasi android

  1. ini artikel yang aku cari mas….. kadang kalau pabrikan kan menguji ya dengan banyak meode… aku punya vario tecno 125 dengan konsumsi BBm 38 km/liter… ya dengan kondisi stop n go juga sih…….. mksh mas sharing nya,,,,,,,,,,

  2. Terima kasih mas sudah mampir🙂,
    Kondisi pengujian pabrikan boleh jadi berbeda dengan kondisi riil. Kalau pengujian yang saya lakukan itu di jalan Jakarta yang bener-bener macet di pagi dan sore hari, jadi banyak sekali stop and go.

  3. Ping balik: .: Kholid’s own blogs “ | Update, Konsumsi BBM Vario 125 ISS tembus 55 km/liter

  4. Ane setuju gan!!! AHM terlalu dilebih”kan, kenyataan ane pake yang nggak iss yang pas waktu itu diberitakan mampu tembus di angka 70km/ltr cuma bisa tembus 42km/ltr…. Jalan standar gan, antara 50-80km/jam

  5. Pengalaman Ane pakai Vario Techno Gress sbb; Mencatat km awal dan mengisi pertamax 92 dari nol hingga full tangki. Lalu mengisi ulang pada kondisi tangki hampir habis (bar bensin kelip2) serta mencatat km-nya. Pemakaian real jalan Jkt (pagi berangkat-sore pulang) jalan antara 40-60 km/jam. Hasilnya memang tidak mutlak benar, tapi kira 41-43 km/liternya.

    Pengalaman teman2, kalau ada yang bisa di atas 50km/jam boleh dong dishare ya…..

  6. pertama kali pny si 125 ISS ini paling irit bs tembus 1:55km…bbm pake Shell VPower….cm make nya jarak jauh&kebanyakan pas malam hari,,jd tdk bnyk stop&ngebetot gasnya jg ha brani kenceng…hihihi

    • wah mantep tuh mas, tapi tergantung kondisi jalan sepertinya, kalau jalanan lengang tidak banyak macet dan speed dibatasi antara 40-60 km/jam mungkin bisa dapet segitu

  7. ane jg mau sharing dikit mas pemakai vario 125 iss keluaran 2014 masi inreyen. jarak pp rumah (daan mogot)-kantor (scbd sudirman) 33km dengan kondisi berboncengan dengan istri (saya 75kg & istri 53kg) + tas ransel model contin skipper dengan kondisi penuh terisi dapet 1:50,7 km dgn pertamax plus. iss aktif dan kondisi jalan macet stop n go sekitar 20-40km/jam. terkadang klo lg sepi saya sesekali ngegas sampai 90km/jam lbh. gas selalu diurut pelan2 & gak perna dibetot langsung.

    ane cukup puas dengan konsumsinya & mudah-mudahan info ane bisa memberikan sedikit gambaran konsumsi vario 125 iss 2014

  8. numpang share saya juga pakai vartech 125 ISS beli akhir April kemarin setelah saya test konsumsi bbm (saya coba pertamax maupun premium) di kisaran 40km/liter. mungkin memang segitu lazimnya. tapi kakak saya di tangerang dengan type yang sama tembus 70km/liter, yang makai sehari-hari istrinya.

Tinggalkan Balasan

