Service bajaj pulsar di Master Station

Bagi pemilik bajaj pulsar, suatu waktu akan mendapati kalau motornya sulit distarter pada saat mesin sudah panas. Ini menjadi momok menakutkan bagi pengguna bajaj pulsar 180 UG IV, pulsar 200 dan pulsar 220, sebabnya adalah tidak adanya engkol untuk menggantikan starter elektrik.

Bila sampai kejadian hal seperti itu, coba jangan panik, biasanya itu terjadi pada pulsar lawas, yang sudah berumur lebih dari dua tahun. Penyebabnya adalah komponen dalam body comp yang telah aus. Seminggu yang lalu saya mengalami troubel seperti di atas, pagi-pagi berangkat ke kantor mesin dengan mudah dapat distarter, tapi begitu pulang hendak mampir di mini market dekat rumah, pada saat hendak menyalakan mesin, hanya terdengar suara cesss dan mesin sama sekali tidak berputar. Teorinya sih harus menunggu sampai mesin benar-benar dingin sehingga starter dapat bekerja kembali. Tapi berhubung saya sudah pernah mendengar triknya, saya coba memiringkan bodi motor ke kiri sambil nyalakan starter, Alhamdulillah terdengar suara greeeng dan mesin kembali hidup.

Selain sulit distarter saat mesin panas, muncul juga keluhan lain, yaitu blok mesin sebelah kiri berisik dan bergetar hebat, getarannya sampai terasa di setang, sehingga saya sampai mengecilkan putaran idle/stasioner sampai dibawah 1000 rpm.

Esoknya tidak menunggu waktu yang lama, saya bawa pulsar 200 ke Master Station, lokasinya yang cukup dekat dari kantor yaitu di bilangan kemayoran menjadi pilihan yang terbaik, ditambah lagi dengan teknisi-teknisinya yang cukup berpengalaman dengan motor pulsar.

Setelah dicek ternyata body comp harus diganti satu set, karena kelima dudukan pernya patah, dan rupanya inilah yang menyebabkan blok mesin sebelah kiri berisik.

IMG_20131008_100605

IMG_20131008_100610

body comp assy

Oia, selain itu saya juga mau kasih testimoni buat bengkel Master Station. Bengkelnya sangat nyaman, pelayanannya ramah,  penyelesaiannya cepat, dan tersedia berbagai macam spare part. Terdapat tiga orang teknisi yang berpengalaman dan dibantu langsung oleh kepala bengkelnya yaitu mas gading.

Berhubung saat saya datang sedang ada promo carbon cleaner (menyedot endapan karbon di ruang mesin dengan cairan khusus) cukup dengan Rp. 45 ribu saja, aji mumpung saya ambil promo tersebut. Combustion chamber (ruang bakar), piston dan klep pun kembali bersih, dan lebih hemat ketimbang harus servis besar.

Next project, mau nyobain PnP (Porting and Polish) racikan mas Gading, supaya pulsar 200 saya makin wuss wuss.. Hehe..

15 pemikiran pada “Service bajaj pulsar di Master Station

  1. Menarik sekali infonya bung Kholid. Yang unik, kenapa kalau dimiringkan bodinya, motor jadi bisa distarter kembali?

    • Terima kasih mas sudah mampir ke blog ini, kemungkinan karena mekanisme body compnya mas, pada saat dimiringkan, maka bola-bola kecil di body comp lebih mudah nempel ke bodynya, sehingga starter bisa hidup kembali. CMIW

  2. Master Station

    NO TLP : 08889853683
    PIN BB : 32F18F46

  3. Malam bung Kholid…
    Saya mau langsung tanya nih… No telp yg diatas itu tdk bisa di hub…??
    Apa bung tahu bengkel Master Station itu masih buka (beroperasi) atau tidak ya?

    Masalahnya motor pulsar saya sedang bermasalah. Saya biasa bawa service ke Depok. Tp krn skrng motor lg error jadi saya tidak berani bawa jauh2. Rmh saya di Priok.
    Jd saya ingin pastikan apa masih buka atau tidak ya Master Station ini?

    Many Thanks^_^

  4. om kholid sya mau tanya mengenai pulsar sya 180 ug4
    knp ya tdk bisa distarter sya sudah mengikuti saran yg diatas tp tetap tdk bisa, trakhir bsa dstarter ada bunyi pletak yg cukup keras, stlah itu tdk bsa dstarter lg om,,
    mohon untuk sarannya trims,,

  5. Bang minta bantuan dudukan pir starter motor bajaj 200 saya juga patah dimana dapat sperpartnya, saya di bali susah nyarinya. trimakasih.

  6. Sore, mas sekarang apa bengkel pulsa master station nya masih beroprasi ? baru tau soal nya klo ada bengkel pengganti nya. jadi pulsar saya nga pernah di service dan kondisi dah memprihatinkan.

  7. ok, makasih makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s