[DIY] Membersihkan saklar lampu jauh dekat Honda Vario 125

Kemarin sewaktu berangkat kerja seperti biasa menggunakan Vario 125, saya merasakan ada yang janggal dengan lampu depan vario 125 saya, yaitu sewaktu melihat pantulan sinar lampu pada mobil di depan yang hanya menampilkan lampu senja, ternyata lampu dekatnya mati gan. Walhasil jadi muncul perasaan was-was takut ketilang pak pol nih karena lampu depan tidak dinyalakan.

Lampu yang padam saat itu kompak kedua-duanya, saya sudah mencoba memainkan saklar lampu jauh dekat beberapa kali, lampu bisa menyala tetapi tidak berapa lama langsung mati kembali. Insting montir saya menyatakan ada yang tidak beres pada saklar jauh dekat, dikarenakan bohlam lampunya masih bisa menyala, dan kalaupun putus mestinya tidak sekaligus kiri dan kanan.

Pulangnya saya coba membongkar saklar lampu jauh dekat yang posisinya ada di sebelah kiri batok lampu. Cara membukanya sangat mudah, cukup mencongkel saklar dari sebelah kiri/kanan dengan sebuah obeng kecil.

aho1

Saklar lampu jauh dekat (gambar diambil dari mazped.com)

Setelah dilepas konektornya, ternyata saklarnya sangat kotor gan, banyak debu dan kotoran yang menempel. Untuk membersihkan saklar tersebut, saya mempergunakan cairan WD40 supaya rontok segala kotoran yang menempel. Mungkin karena saklar yang kotor itu juga yang membuat saklar terasa panas pada saat motor digunakan.

Selesai membersihkan saklar dan memastikan saklarnya bersih/kering dari cairan yang sudah disemprot, kemudian pasang lagi saklar tersebut ke tempat semula. Coba nyalakan mesin, lampu sudah bekerja normal tidak mati-mati lagi, dan untuk memastikan  saya coba berulang kali memencet saklar lampu jauh dekat yo wis no problemo at all.. sipp…..

Tinggalkan Balasan

