Akankah Honda CB190R menjadi penerus Honda Tiger

Semenjak saya menjual Bajaj Pulsar 200 beberapa tahun yang lalu, saya sebenarnya mengidamkan untuk naik kelas mencari motor batangan pengganti. Selama ini dari Pulsar 200 saya beralih ke motor matic yaitu Honda Vario 125 yang menjadi motor operasional sehari-hari untuk kerja.

Untuk mencari pengganti Pulsar 200 seperti pada artikel sebelumnya di sini dimana pada artikel tersebut Kawasaki Pulsar 200 NS adalah motor yang paling worth it to buy atau paling layak dibeli. Akan tetapi saya masih pikir-pikir untuk meminang produk bajaj kembali, dikarenakan trauma saat memilih Bajaj Pulsar yang lalu dimana secara sengaja ditinggalkan oleh pabrikan yaitu BAI (Bajaj Auto Indonesia).

Lalu dengan dirilisnya All New CB150R yang bertaburan fitur baru seperti lampu depan, rem dan sein yang sudah menganut LED, speedometer full digital dan transmisi 6 Speed cukup menggoyahkan sedikit  iman saya untuk meminang motor tersebut, walaupun saya belum bisa memilihnya dikarenakan kubikasi motor yang cuma 150 cc, sementara saya inginnya tetap bertahan di kubikasi 200 cc atau lebih besar.

Seperti yang sudah kita ketahui, pada beberapa hari yang lalu Honda merilis produk baru di China yaitu Honda CB190R. Videonya dapat kita lihat di bawah ini:

Secara tampilan menurut saya sangat bagus, sudah mengakomodir fitur-fitur yang terdapat pada All New CB150R. Hal yang menjadi ganjalan buat saya itu mesinnya, kenapa masih 190 cc bukannya 200 cc, selain itu kenapa masih menggunakan pendingin udara tidak seperti All New CB150R yang sudah berpendingin cairan. Bahkan powernya masih dibawah All new CB150R (16ps vs16,9 ps), sumber di sini.

Saya pikir kalau AHM merilis produk ini ke Indonesia dengan mesin yang sama dengan Honda CB190R yang dirilis di China, diperkirakan kurang dapat bersaing dengan produk yang sudah ada kecuali AHM mengganti dengan mesin bore up All new CB150R yang menurut saya sudah cukup canggih untuk saat ini atau dengan mesih yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

