Tips mengganti Switch Idling Stop Vario 125

Setelah pemakaian kurang lebih 32 bulan atau 2 tahun lebih, mulai nampak trouble pada Honda Vario 125 ISS saya, yaitu switch Idling Stop tidak bekerja dengan baik. Bila seharusnya lampu penanda Idling Stop warna hijau menyala pada saat switch dipilih Idling Stop, akan tetapi sama sekali kali ini tidak ada perubahan, lampu penanda idling stop tetap mati.

idling-stop1

Dampaknya adalah motor saya tidak bisa lagi memanfaatkan fitur idling stop, saat mesin idling lebih dari 3 detik, mesin tidak bisa mati secara otomatis. Selain itu timbul gejala nyendat yang cukup parah, gejala ini baru muncul saat switch idling stop bermasalah.

Menurut keyakinan saya, mungkin hanya switchnya saja yang rusak sehingga cukup mengganti switch idling stop. Kemungkinan switch rusak bisa saja terjadi apalagi bila sering menggunakan tombol idling stop dan terpengaruh cuaca selama berkendara atau saat kendaraan terparkir.

Cara penggantian switch:

  1. Sediakan part pengganti Switch Assy Idling Stop. Part dapat dibeli di HEPS Online atau dealer/bengkel AHASS terdekat. Saya membeli dengan harga Rp.40 ribu di bilangan Kebon Jeruk Jakarta Pusat.
  2. switchiss_zpsd015ec0bUntuk membuka switch ternyata kita perlu membuka batok setang bagian depan, untuk yang bagian belakang tidak perlu dibuka.
  3. Sebelum membuka cover setang, kita perlu membuka cover segitiga di depan [nomor 2], caranya buka baut baut pada nomor 1, kemudian angkat ujung cover dekat posisi [nomor 5] sambil didorong ke atas. Hati-hati jangan sampai mematahkan pengait plastiknya.cover setang 1
  4. Setelah itu lanjut membuka kedua spion kiri dan kanan
  5. Lepas semua baut yang ditunjukkan pada gambar di bawah, ada empat buah baut.
  6. Kemudian angkat pelan-pelan cover setang bagian depan, dimulai dari pengait [nomor 5], hati-hati saat menarik, untuk memudahkan bisa menggunakan kartu atm yang tidak terpakai, kemudian dorong ke sela-sela cover depan dan cover belakang hingga pengait terlepas. Lakukan pada kedua sisi, sisi kanan dan kiri
  7. Setelah itu lanjut pada sisi tengah cover depan, lepaskan pengait [nomor 7], sehingga cover depan dapat terlepas dengan mudah.cover setang
  8. Setelah cover depan terlepas, lepas penutup debu switch idling stop kemudian lepas konektornya
  9. Cara melepas switch yaitu dengan menggunakan obeng minus dari dalam cover, dorong pengait di sisi kiri dan kanan switch sambil mendorong switch keluar.
  10. Untuk memasang switch yang baru, lakukan arah kebalikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s